Jumat, 18 Mei 2012

KONSUMSI ELPIJI MENJELANG LEBARAN


KONSUMSI ELPIJI

Lebaran, kebutuhan elpiji di Jakarta turun 10%

Oleh Adi Wikanto -
JAKARTA. Pada saat Lebaran bulan September 2010 mendatang, PT Pertamina Gasdom Regional II Jawa Bagian Barat memperkirakan kebutuhan gas elpiji 3 kilogram (kg) di sekitar Jakarta diperkirakan akan menyusut 10% dibandingkan hari biasa.
Bisa dihitung, penurunan tersebut terjadi lantaran banyak warga Jakarta yang pulang kampung untuk merayakan hari raya. Otomatis, penggunaan elpiji juga berkurang. "Paling tidak ini akan berlangsung sejak H-2 hingga H+2," kata Mochamad Toriq, Kepala Operasional PT Pertamina Gasdom Regional II Jawa Bagian Barat saat kunjungan kerja bersama tim advokasi ledakan tabung gas Fraksi PKS DPR, Kamis (19/8).

Toriq mencatat, , PT Pertamina Gasdom Regional II Jawa Bagian Barat menyalurkan 600 metrik ton (mt) per hari untuk wilayah Jakarta. Jumlah tersebut setara dengan 200 gas elpiji ukuran 3 kg.

Pada saat yang bersamaan, kebutuhan gas elpiji di daerah-daerah akan mengalami lonjakan; terutama daerah yang menjadi tujuan pemudik, seperti Jawa Tengah. "Daerah tersebut akan membutuhkan gas 10% lebih banyak dari hari biasa," terang Toriq.

Tapi, meski daerah-daerah mengalami peningkatan kebutuhan, Toriq menjamin pasokan akan aman. "Nanti tidak ada gas elpiji langka," kata Toriq


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please your coment